Senin, 19 November 2012

Langkah-langkah membuat RelationShip pada Database dengan Ms. Office Access.

Langkah-langkah membuat RelationShip pada Database dengan Ms. Office Access.

 Langkah-langkah membuat RelationShip pada Database dengan Ms. Office Access 2007.
 Data Relationships dalam aplikasi database microsoft office access adalah cara menghubungkan data yang bersumber dari dua tabel atau lebih untuk ditampilkan dalam satu tabel database.

Data-data yang tampil pada satu tabel terpusat ini setelah sebelumnya dihubungkan melalui masing-masing primary key dari beberapa tabel ditetapkan sebelumnya. Sedangkan cara melihat atau menampilkan data yang sudah menjadi satu kesatuan (relationships) dilakukan dengan mengklick tanda + (tambah atau plus) pada sebelah kiri tabel database.

Untuk lebih jelasnya data relationships tabel database pada bahasan ini perhatikan gambar di bawah ini.

Cara membuat data Relationships dalam tabel database aplikasi microsoft office access dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu:
1. Buka atau aktifkan File Microsoft Office Access yang ingin dibuatkan data relationships 2. Klick Tab Database tools 3. Klick Relationship
4. Tempatkan pointer kursor pada tabel yang akan dibuat relationship (saling berhubungan) 5. Pilih lagi tabel lain yang akan dihubungkan dengan tabel yang dipilih sebelumnya 6. Klick Add 7. Klick Close, apabila sudah selesai menetapkan tabel-tabel database yang dihubungkan.

APLIKASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN Ms.ACCES

Membuat Database Perpustakaan Sederhana Menggunakan Ms.Access 

Langkah yang harus dilakukan sebelum membuat suatu database adalah kita harus merancang tabel-tabel dan field-fieldnya.
1. Merancang Struktur Tabel
Sebelum membuat database kita harus merancang terlebih dulu struktur tabel yang akan kita buat. Di dalam database perpustakaan ini kita memerlukan 3 buah tabel, yaitu tabel anggota, tabel buku, dan tabel pinjam.
Struktur tabel :
Tabel Anggota :
Nama Field
Type
<!–[if !supportEmptyParas]–> <!–[endif]–>
ID_Anggota
Text(5)[PK]
(set format : AA001)
Nama
Text(10)
(set kolom : Nama Anggota)
Alamat
Text(15)
(set kolom : Alamat Anggota)
Kota
Text(10)
(set kolom : Kota Alamat)
No_Telp
Number
(set format : (031)-1234567)
Tgl_Lahir
Date/Time
(set format : 21-Sep 1990)
Tabel Buku :
Nama Field
Type
<!–[if !supportEmptyParas]–> <!–[endif]–>
No_Buku
Text(5)[PK]
(set format : BB001)
Judul
Text(15)
(set kolom : Judul Buku)
Pengarang
Text(10)
(set kolom : Pengarang Buku)
Th_Terbit
Text(4)
(set kolom : Th_terbit Buku)
Jenis_Buku
Text(10)
(set kolom : Jenis Buku)
Status
Yes/No
(set kolom : Ststus Buku)
Tabel Pinjam :
Nama Field
Type
Format
No_Pinjam
Text(4)[PK]
(set format : PJ01)
ID_Anggota
Text(5)
(sesuai format tabel anggota)
No_Buku
Text(5)
(sesuai format tabel buku)
Tgl_Pinjam
Date/Time
(set format : 21-Sep 1990)
Tgl_Kembali
Date/Time
(set format : 21-Sep 199
2. Pembuatan Database
Setelah truktur tabel kita buat maka kita bisa melanjutkan membuat databasenya. Untuk membuat database bernama perpustakaan.mdb, berikut langkah-langkahnya :
1. Pertama pilihlah program MS. Access lewat Start – Program – Microsoft Access.
2. Setelah masuk ke MS. Access pilihlah Blank Database

Selasa, 13 November 2012

Ms. Office Access 2007

Laporan
MS Access 2007
1. Membuka Program Ms.Access 2007 , langkahnya :
  • Klik Start
  • Pilih All program
  • Pilih Ms. Office
  • Klik Ms. Access 2007
2. Cara Membuat Tabel , langkahnya :
  • KLik blank database
  • Pada file name diisi dengan nama "tanpa spasi"
  • Pada "browse for a location to put your database" di klik kemudian pilih penyimpanan misalnya ke data D.
  • Pastikan Save as type nya (microsoft office access 2007 databases)
  • klik ok
  • klik create
  • Pilih tabel design
  • pada kolom field name diisi sesuai yang diinginkan
  • sesuaikan data type nya misalnya nomor data type nya Number, dll.
  • Description penjelasan dari field name.
  • Pada field Properties diisi sesuia yang diinginkan.
3. Mengunci data, langkahnya :
  • Sorot sebelah kiri pada nomor 
  • lalu klik design
  • klik primary key
4. Menyimpan data, langkahnya :
  • Klik kanan pada tabel 1
  • klik save
  • isikan nama
  • klik ok

Kamis, 30 Agustus 2012

Microsoft Office Access 2007


Microsoft Office Access 2007.

Pengertian Microsoft Access
Microsoft Access 2007 yang untuk selanjutnya disingkat Access 2007adalahsuatu program aplikasi basis data komputer relasional yang digunakan untukmerancang, membuat dan mengolah berbagai jenis data dengan kapasitas yangbesar.Database adalah kumpulan tabel-tabel yang saling berelasi. Antar tabel yang satudengan yang lain saling berelasi, sehingga sering disebut basis data relasional.Relasi antar tabel dihubungkan oleh suatu key, yaitu
primary key
dan
foreign key
.Access 2007 mempunyai tampilan user interface (UI) baru yangmenggantimenu, toolbars, dan sebagian besar task panes yang adadi Microsoft Accessversi sebelumnya dengan mekanisasi tunggal yanglebih simpel dan efisien. Userinterface (UI) baru ini dirancang untukmembantu Anda bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang ada.
2.

Mengenal Elemen Dasar pada Access 2007

tugas ms.office acces
Penggunaan
Microsoft Access digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah, di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar, dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft Active Server Pages (ASP). Meskipun demikian, penggunaan Access kurang disarankan, mengingat telah ada Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi.
Beberapa pengembang aplikasi profesional menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara cepat (digunakan sebagai Rapid Application Development/RAD tool), khususnya untuk pembuatan purwarupa untuk sebuah program yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman.
Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien/server. Meskipun demikian, tampilan muka Access (form, report, query, dan kode Visual Basic) yang dimilikinya dapat digunakan untuk menangani basis data yang sebenarnya diproses oleh sistem manajemen basis data lainnya, seperti halnya Microsoft Jet Database Engine (yang secara default digunakan oleh Microsoft Access), Microsoft SQL Server, Oracle Database, dan beberapa produk lainnya yang mendukung ODBC.
Fitur
Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL); query dapat dilihat dan disunting sebagai statemen-statemen SQL, dan statemen SQL dapat digunakan secara langsung di dalam Macro dan VBA Module untuk secara langsung memanipulasi tabel data dalam Access. Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek.
Microsoft SQL Server Desktop Engine (MSDE) 2000, yang merupakan sebuah versi mini dari Microsoft SQL Server 2000, dimasukkan ke dalam Office XP Developer Edition dan dapat digunakan oleh Microsoft Access sebagai alternatif dari Microsoft Jet Database Engine.
Tidak seperti sebuah sistem manajemen basis data relasional yang komplit, Microsoft JET Database Engine tidak memiliki fitur trigger dan stored procedure. Dimulai dari Microsoft Access 2000 yang menggunakan Microsoft Jet Database Engine versi 4.0, ada sebuah sintaksis yang mengizinkan pembuatan kueri dengan beberapa parameter, dengan sebuah cara seperi halnya sebuah stored procedure, meskipun prosesur tersebut dibatasi hanya untuk sebuah pernyataan tiap prosedurnya. Access juga mengizinkan form untuk mengandung kode yang dapat dieksekusi ketika terjadi sebuah perubahan terhadap tabel basis data, seperti halnya trigger, selama modifikasi dilakukan hanya dengan menggunakan form tersebut, dan merupakan sesuatu hal yang umum untuk menggunakan kueri yang akan diteruskan (pass-through dan teknik lainnya di dalam Access untuk menjalankan stored procedure di dalam RDBMS yang mendukungnya.
Dalam berkas Access Database Project (ADP) yang didukung oleh Microsoft Access 2000 dan yang selanjutnya, fitur-fitur yang berkaitan dengan basis data berbeda dari versi format/struktur data yang digunakan Access (*.MDB), karena jenis berkas ini dapat membuat koneksi ke sebuah basis data MSDE atau Microsoft SQL Server, ketimbang menggunakan Microsoft JET Database Engine. Sehingga, dengan menggunakan ADP, adalah mungkin untuk membuat hampur semua objek di dalam server yang menjalankan mesin basis data tersebut (tabel basis data dengan constraints dan trigger, view, stored procedure, dan UDF). Meskipun demikian, yang disimpan di dalam berkas ADP hanyalah form, report, macro, dan modul, sementara untuk tabel dan objek lainnya disimpan di dalam server basis data yang membelakangi program tersebut.
Pengembangan dengan Access
Access mengizinkan pengembangan yang relatif cepat karena semua tabel basis data, kueri, form, dan report disimpan di dalam berkas basis data miliknya (*.MDB). Untuk membuat Query, Access menggunakan Query Design Grid, sebuah program berbasis grafis yang mengizinkan para penggunanya untuk membuat query tanpa harus mengetahui bahasa pemrograman SQL. DI dalam Query Design Grid, para pengguna dapat memperlihatkan tabel basis data sumber dari query, dan memilih field-field mana yang hendak dikembalikan oleh proses dengan mengklik dan menyeretnya ke dalam grid. Join juga dapat dibuat dengan cara mengklik dan menyeret field-field dalam tabel ke dalam field dalam tabel lainnya. Access juga mengizinkan pengguna untuk melihat dan memanipulasi kode SQL jika memang diperlukan.
Bahasa pemrograman yang tersedia di dalam Access adalah Microsoft Visual Basic for Applications (VBA), seperti halnya dalam beberapa aplikasi Microsoft Office. Dua buah pustaka komponen Component Object Model (COM) untuk mengakses basis data pun disediakan, yakni Data Access Object (DAO), yang hanya terdapat di dalam Access 97, dan ActiveX Data Objects (ADO) yang tersedia dalam versi-versi Access terbaru.

Kamis, 01 Maret 2012

soal ulangan harian
1. apa yang dimaksud dengan gadget?
jwb: gadget adalah aplikasi tambahan yang bisa dipasangkan kedalam blogger dengan tujuan untuk mempermanis tampilan dan memudahkan user untuk menikmati layanan dari blogger.
2.bagaimana langkah menampilkan artikel baru kedalam blogger?
jwb: 1. klik dasbor,2.klik entri baru,3.klik posting,4. pada lembar hal ditulis artikel yang akan ditampilkan
3.bagaimana cara menambahka gadget pada blogger anda?
jwb: 1.klik dasbor,2.klik rancangan,3. klik +gadget.
4.apa fungsi dasbor?
dasbor adl untuk mengatur profil
5.bagaimana langkah membuat animasi pd slide presentasi?
jwb: 1. klik animation, 2.klik add animation,3. klik ok , jika ingin menambahkan suara klik sound effect
6.apa yang dimaksud denga hand out?
jwb:kumpulan slide yg ada di power point.
7.bagaiman cara mencetak hand out pada power point?
jwb: klik office button,sorot print,klik print preview,pada option tentukan warna misalnya:pure black n white,pada print what tentukan berapa slide yg akan dicetak , lalu pada orientation tentukan potrait/landscape.
8.apa fungsi picture effect pd power point?
jwb: digunakan untuk membuat gambar lebih menarik dengan tambahan animasi-animasi
9. bagaimana cara membuat animasi huruf pada power point?
jwb:1. klik animation,2.klik custom animation,3. lalu pilih animasi yang akan diinginkan
10. bagaimana cara menambahkan suara manusia kedalam lembar presentasi ?
jwb:1. slide show, 2. record narration, 3. lalu klik set microphone level, lalu klik ok
11. bagaimana cara menyisipkan 1 lembar presentasi kosong pada dakumen presentasi power point ?
jwb: 1.klik salah satu slide pada slides (tampilan kiri komputer), 2. lalu enter, setelah slide kosong muncul, drag slide kosong tersebut ketempat yang diinginkan.bu ini tugas remidi kkpi ini tugas remidi dari bu shine attack

Jumat, 06 Januari 2012

microsoft excel

Microsoft Excel

 ini tugas dari Shine Attack

Cara memulai aplikasi Microsoft Excel 2007


Langkah-langkah:
  1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
  2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel.
  3. Muncul Gambar 1.1

1.2  Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007



Sebelum melakukan pengolahan data pada Microsoft Excel, terlebih dahulu kita harus 
mengetahui elemen-elemen yang ada di Microsoft Exel


Gambar 1.1

Tampilan di layar saat Microsoft Office 2007 dijalankan



Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007:

1) Judul

Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja

yang aktif.


2) Office Button

Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat 
dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish 
dokumen.


3) Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)

Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses 
berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.


4) Toolbar

Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.



5) Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6) Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
7) Cell
8) Nomor Baris
9) Nomor Kolom
10) Nama Range
11) Fungsi
12) Penggulung vertical dan horisontal

microsoft office power point

Microsoft Office Powerpoint

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.


Sejarah

Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.
Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).

Bagaimana cara mencari file PowerPoint

www.Orifile.com adalah search engine yang dikombinasi dengan google, dimana di orifile.com kita bisa mendownload file tertentu secara gratis untuk format document, power point, pdf, dan excel. Hasil pencarian menggunakan orifile.com berupa file yang bisa didownload. Dan hasilnya langsung berformat doc, ppt, pdf, dan xls. Terdapat fitur tambahan yaitu fast login dimana kita bisa mengakses website facebook, youtube, twitter dengan 1 langkah klik.

Versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2007 (PowerPoint 12), yang dirilis pada bulan November 2006, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi *.pptx.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar